News Details
  • 28 Oktober 2019

Mulsa Topi Gunung, Banyak Jenis dan Manfaatnya

Malang - Mulsa merupakan salah satu teknologi pertanian yang biasanya digunakan untuk menutup bedengan. banyak keuntungan yang didapat saat suatu tanah bedengan pada lahan pertanian dilindungi dengan mulsa. Tujuan dari penggunaan mulsa diantaranya adalah untuk menjaga kelembaban tanah, menjaga nutrisi tanah dan menghambat pertumbuhan gulma. Dengan menggunakan mulsa, tanaman akan lebih sehat, subur dan hasil produksi akan meningkat dibanding tidak menggunakan mulsa.

Dibandingkan pertanian dengan cara konvensional, penggunaan mulsa akan jauh memberikan manfaat untuk lahan pertanian dan tanaman. Lahan bedengan yang atasnya diberi mulsa plastik akan terjaga kelembabannya, itu karena sifat plastik yang kedap akan mengurangi penguapan air dan kadar air di tanah akan tetap terjaga. Mulsa plastik juga berguna untuk menekan pertumbuhan gulma, sehingga akan mengurangi biaya dan tenaga untuk melakukan pembersihan gulma, lahan pun terlihat lebih rapi dan bersih, selain itu dengan tidak banyaknya gulma akan memudahkan petani apabila ingin menggunakan metode tumpang sari di lahannya.

PT Kencana Tiara Gemilang (KTG) sebagai pabrik plastik yang sudah berpengalaman memiliki produk unggulan mulsa dengan brand “TOPI GUNUNG”. KTG juga terus berupaya membantu menyukseskan hasil produksi petani dengan inovasi yang dikembangkan pada produk mulsanya salah satunya adalah inovasi penanda jarak yang dipelopori oleh Mulsa TOPI GUNUNG produksi KTG. Mulsa TOPI GUNUNG produksi KTG memiliki berbagai jenis dan ukuran yaitu Mulsa Hitam Perak, Mulsa Super Kilap, Natural UV dan Mulsa Plong.

Mulsa Hitam Perak adalah produk utama dari brand Mulsa TOPI GUNUNG produksi PT Kencana Tiara Gemilang. Mulsa TOPI GUNUNG Hitam Perak memiliki keawetan dan kekuatan yang sudah teruji oleh petani di berbagai daerah. Kekuatan Mulsa TOPI GUNUNG Hitam Perak dapat dibuktikan sejak proses penarikan saat pemasangan hingga panen. Mulsa TOPI GUNUNG Hitam Perak memiliki kelenturan yang lebih besar disbanding mulsa sejenis lainnya sehingga Mulsa TOPI GUNUNG Hitam Perak dapat melar lebih panjang dan kualitas produk tetap terjaga. Inovasi penanda jarak pada Mulsa TOPI GUNUNG Hitam Perak juga membantu petani dalam menentukan jarak tanam dan dapat mempersingkat waktu petani pada saat melakukan proses pelubangan. Variasi dan ukuran yang beraneka ragam juga membantu petani dalam memilih mulsa yang tepat untuk lahan mereka.

Varian kedua adalah Mulsa Plong. Mulsa Plong adalah mulsa hitam perak yang sudah diberi lubang sehingga petani yang menggunakannya tidak perlu mengeluarkan tenaga tambahan untuk melubangi mulsa secara terpisah. Diameter dan jarak antar lubang yang ditawarkan KTG bervariasi sehingga petani bisa menyesuaikan dengan lahan dan jenis tanaman yang akan di tanam. Dengan menggunakan Mulsa Plong, petani akan hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu melubangi mulsa secara manual, selain itu penggunaan Mulsa Plong akan mengurangi sampah plastik pada sekitar lingkungan karena petani tidak adanya sisa plastik bekas pelubangan mulsa.

Produk ketiga dari varian mulsa yang diproduksi oleh PT Kencana Tiara Gemilang adalah Mulsa Super Kilap. Mulsa Super Kilap merupakan penggabungan antara Mulsa TOPI GUNUNG Hitam Perak ditambah plastik grenjeng di atasnya. Mulsa Super Kilap memiliki beberapa keuggulan, diantaranya adalah fungsi pada umumnya sebagai mulsa untuk melibdungi tanaman dari gulma, pengupan berlebih, erosi tanah dan lain sebagainya. Fungsi selanjutnya adalah lapisan grenjeng pada Mulsa Super Kilap akan membantu mengusir hama yang hinggap atau berkembang biak di balik bagian tanaman yang tertutup dari cahaya. Penggunaan Mulsa Super Kilap akan memantulkan cahaya yang lebih banyak dari mulsa biasa, sehingga pantulan tersebut akan mengenai hama yang ada di balik daun atau bagian tumbuhan lain dan mengusirnya. Selain pengusir hama serangga, mulsa super kilap juga membantu proses pertumbuhan yang lebih efektif karena pantulan sinar matahari tersebut akan membantu proses fotosintesis lebih yang lebih cepat sehingga proses tumbuh dan pembuahan akan makin cepat.

Natural UV KTG merupakan produk keempat dari varian Mulsa TOPI GUNUNG produksi PT Kencana Tiara Gemilang. Natural UV merupakan plastik bening yang biasa digunakan untuk sungkup pada lahan pertanian. Sungkup yang menggunakan plastik Natural UV KTG dapat membantu petani mengatasi masalah di cuaca ekstrim. Fungsi sungkup Natural UV KTG di saat cuaca dengan curah hujan tinggi sangat membantu dalam melindungi bunga tanaman dari kerontokan, zat hara dalam tanah juga terlindungi karena air hujan yang turun tidak langsung mengenai bedengan tempat menanam, sehingga tanah tetap terairi oleh hujan dan zat hara juga tetap berada di bedengan tempat tanaman tersebut ditanam. Di musim panas, sungkup plastik Natural UV ini bisa membantu menurunkan suhu dari cahaya matahari langsung ke tanaman dan tanah sehingga tanaman tidak akan mudah kering oleh panas dari suhu matahari langsung, dan kadar air dalam tanah akan tetap terjaga dari kekeringan.

Berita

Terbaru

News

Minning and Engineering (M&E) Indonesia 2018

  • 21 September 2018

"Pusat Inovasi Pertambangan Indonesia"
Mining and Engineering (M & E) Indonesia ...

Baca Selengkapnya
News

Inovasi Plastik Ramah Lingkungan Berbahan Rumput Laut

  • 8 April 2019

Pasuruan - Banyaknya kampanye tentang pengurangan penggunaan sampah plastik saat ini, membuat berbagai ...

Baca Selengkapnya
News

Musyawarah Provinsi INKINDO Jatim 2018

  • 14 Mei 2018


Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Jawa Timur, menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) ...

Baca Selengkapnya

Komentar

Berita