News Details
  • 18 April 2019

Sungkup Plastik, Solusi Murah Petani di Cuaca Ekstrim

Malang – Usaha dalam bidang pertanian sangat bergantung pada faktor cuaca yang ada. Lahan dan tanaman yang ada di kebun tidak akan bisa bertahan lama apabila dihadapkan dengan cuaca yang terlalu ekstrim seperti curah hujan yang terlalu tinggi atau suhu yang terlalu panas. Berbagai masalah akan timbul disaat lahan atau tanaman berhadapan dengan cuaca yang ekstrim.

  Diantara berbagai masalah yang timbul, kesuburan tanah dan tanaman adalah salah satu masalah yang dihadapi. Pada cuaca yang terlalu panas, selain kelembaban yang berkurang, di lahan tempat tumbuhnya tanaman akan rentan mengalami kekeringan yang mengakibatkan kurangnya kadar air dan membuat tanaman tidak akan tumbuh dengan subur. Tanaman yang terlalu terpapar oleh suhu yang terlalu panas juga akan mengalami kekeringan dan mati. Pada curah hujan yang terlalu tinggi, zat hara pada tanah yang menjadi makanan untuk tanaman bisa ikut terseret oleh air, selain itu, bunga yang menjadi cikal bakal buah dari hasil produksi tanaman tersebut akan rontok apabila terkena hujan dengan curah yang tinggi. Dari semua faktor masalah tersebut akan berakhir pada berkurangnya omzet petani karena hasil panen yang tidak maksimal. Dari berbagai permasalahan itulah banyak teknologi dalam bidang pertanian yang dikembangkan untuk membantu petani menghadapi berbagai masalah khususnya cuaca ekstrim.

  Sungkup plastik adalah salah satu teknologi dibidang pertanian yang dapat membantu petani mengatasi masalah di cuaca ekstrim. Sungkup plastik adalah plastik yang digunakan di atas tanaman sebagai atap untuk melindungi baik tanaman atau tanah bedengan di bawahnya. Fungsi sungkup plastik di saat cuaca dengan curah hujan tinggi sangat membantu dalam melindungi bunga tanaman dari kerontokan, zat hara dalam tanah juga terlindungi karena air hujan yang turun tidak langsung mengenai bedengan tempat menanam, sehingga tanah tetap terairi oleh hujan dan zat hara juga tetap berada di bedengan tempat tanaman tersebut ditanam. Di musim panas, sungkup plastik ini bisa membantu menurunkan suhu dari cahaya matahari langsung ke tanaman dan tanah sehingga tanaman tidak akan mudah kering oleh panas dari suhu matahari langsung, dan kadar air dalam tanah akan tetap terjaga dari kekeringan.

  PT Kencana Tiara Gemilang (KTG) adalah perusahaan plastik yang salahsatu hasil produksinya adalah sungkup plastik. Dengan brand Topi Gunung yang memiliki ciri khas penanda jarak, Sungkup plastik KTG memiliki ketebalan 30 mikron, sehingga sungkup plastik KTG dapat bertahan di berbagai kondisi. Ukuran yang ditawarkan pada sungkup plastik UV KTG juga bervariasi sehingga petani bisa memilih sesuai dengan kebutuhan di lahannya. Selain itu, sungkup plastik KTG memiliki kandungan UV 14% yang artinya bisa lebih banyak untuk menahan sinar ultraviolet/UV yang berlebihan, dimana sinar UV yang berlebih dapat merusak tanaman. Lapisan UV yang dimiliki oleh KTG juga lebih tahan lama sehingga tidak mudah kehilangan tingkat transparan pada plastik dan lebih awet untuk digunakan.

Berita

Terbaru

News

Pameran Teknologi Bahan Bangunan 2018

  • 21 September 2018

Pameran Teknologi Bahan Bangunan 2018, di Gedung Square Ballroom ICBC Lantai 3 , Jl.Basuki ...

Baca Selengkapnya
News

6 Keuntungan Geomembrane KTG Untuk Aplikasi Kolam Bundar

  • 22 Mei 2019
Malang– Dunia pertambakan menjadi salah satu bidang usaha Akuakultur yang cukup diminati oleh banyak ...
Baca Selengkapnya
News

Gunakan Mulsa, Petani Jeruk Lebih Untung

  • 18 Maret 2019

Malang – Malang terkenal dengan berbagai jenis hasil tani yang melimpah dan bervariasi, mulai dari ...

Baca Selengkapnya

Komentar

Berita