News Details
  • 12 April 2019

Manfaat dan Kelebihan Mulsa Topi Gunung

  Malang – Mulsa merupakan salah satu teknologi pertanian yang biasanya digunakan untuk menutup bedengan. Tujuan dari penggunaan mulsa diantaranya adalah untuk menjaga kelembaban tanah dan menghambat pertumbuhan gulma. Dengan menggunakan mulsa, tanaman akan lebih sehat, subur dan hasil produksi akan meningkat dibanding tidak menggunakan mulsa. Jenis dari mulsa sendiri terdiri dari 2 macam, yaitu Mulsa Organik dan Anorganik.

  Mulsa Organik merupakan mulsa yang berasal dari bahan-bahan alami yang mudah terurai. Mulsa jenis inilah yang sudah dipergunakan oleh petani jaman dahulu hingga sekarang meski sudah tidak banyak karena kurang praktis. Kelebihan mulsa organik yang pertama adalah harga yang lebih murah. Kedua, bahan dari mulsa ini akan mudah terurai oleh tanah sehingga tidak menginggalkan sampah, contoh dari mulsa organik diantaranya adalah sekam, potongan rumput dan dedanuan.

  Mulsa Anorganik adalah mulsa yang terbuat dari bahan-bahan sintetis seperti plastik. Meskipun harga mulsa anorganik lebih mahal dari mulsa organik, banyak petani jaman sekarang yang beralih menggunakan mulsa anorganik. Faktor yang membuat banyaknya petani beralih menggunakan mulsa anorganik adalah dari sisi kepraktisan, karena petani tidak perlu mencari lagi bahan organik yang bisa dijadikan mulsa. Selain itu, banyak kelebihan dari penggunaan mulsa anorganik, diantaranya tanaman akan lebih cepat panen, selain itu hasil panennya pun juga bisa lebih meningkat, ini karena mulsa tersebut dapat mengurangi proses penguapan air berlebih dan melindungi unsur hara dalam tanah apabila hujan tiba. Mulsa anorganik khususnya mulsa plastik juga lebih awet dari sisi durasi penggunaan.

  PT Kencana Tiara Gemilang (KTG) adalah salah satu perusahaan yang memproduksi mulsa plastik. Dengan brand “Topi Gunung”, jenis mulsa yang diproduksi oleh KTG memiliki beberapa variasi yaitu Mulsa Hitam Perak, Mulsa Super Kilap dan Mulsa Natural UV. Selain bervariasi jenis, mulsa Topi Gunung juga memberikan kemudahan para petani pengguna mulsa untuk memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya menawarkan variasi jenis dan ukuran yang bermacam macam, mulsa Topi Gunung juga menawarkan kualitas nomor satu yang terjamin sesuai dengan slogan Topi Gunung yaitu “ Pas Panjangnya, Praktis Pasangnya, Pasti Awetnya”.

  KTG sebagai produsen mulsa Topi Gunung juga terus berinovasi terhadap produk mulsanya agar tetap menjadi pilihan para petani. Penanda jarak adalah salah satu inovasi yang dipelopori oleh KTG diproduk mulsa Topi Gunung. Dengan adanya penanda jarak, petani akan lebih mudah untuk mengukur jarak tanam antar tanaman di kebunnya. Inovasi selanjutnya adalah mulsa plong Topi Gunung. Mulsa plong adalah mulsa hitam perak yang sudah dilubangi secara otomatis dengan menggunakan mesin, sehingga lubang dapat lebih rapi dan presisi. Lubang pada mulsa plong sendiri juga bisa diatur sesuai permintaan dan sesuai jenis tanaman yang akan ditanam dengan pemesanan jumlah tertentu. Adanya lubang yang tersedia pada mulsa plong, membuat petani tidak harus membuang tenaga untuk melubangi mulsa secara manual sehingga petani juga tidak meninggalkan sampah. Inovasi yang diberikan KTG dalam produk mulsa Topi Gunung membuat petani dapat memangkas waktu, tenaga dan biaya dalam mengolah kebunnya, sehingga keuntungan yang didapatkan pun juga ikut meningkat.

Berita

Terbaru

News

Lebih Untung Gunakan Geomembrane Untuk Tambak Udang Vanamei

  • 7 Mei 2019

Pasuruan – Dari sekian banyak budidaya dibidang akuakultur di Indonesia, udang menjadi salah satu ...

Baca Selengkapnya
News

Bertani Padi Sawah di Luar Sawah

  • 17 Mei 2018

Saat ini semakin banyak lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi kawasan industri dan ...

Baca Selengkapnya
News

Sungkup Plastik, Solusi Murah Petani di Cuaca Ekstrim

  • 18 April 2019

Malang – Usaha dalam bidang pertanian sangat bergantung pada faktor cuaca yang ada. Lahan dan tanaman ...

Baca Selengkapnya

Komentar

Berita